Tentang Vb.Net dan Vb 6

Posted on

Apa sih bedanya Vb.net dengan Vb 6 ?

VB.NET biasanya menggunakan pernyataan untuk menentukan suatu tindakan. Pernyataan yang paling umum adalah pernyataan yang menyatakan sebuah ekspresi, yang terdiri dari sebuah ekspresi yang akan dievaluasi, pada satu baris. Sebagai bagian dari evaluasi itu, fungsi dapat dipanggil dan variabel dapat diberikan nilai-nilai baru,
Perbedaan Vb.Net dan Vb 6
Perbedaan Vb.Net dan Vb 6

Apakah Visual Basic .NET harus dianggap sebagai versi lain dari Visual Basic atau bahasa yang berbeda menjadi perdebatan sampai sekarang. memang ada tambahan baru yang mendukung fitur-fitur baru, dibandingkan dengan Visual Basic 6, Type data Integer dua kali lipat panjang dari 16 bit ke 32 bit, dan tipe data Long telah dua kali lipat panjang dari 32 bit menjadi 64 bit. Hal ini berlaku untuk semua versi VB.NET. A 16-bit integer dalam semua versi VB.NET sekarang dikenal lebih pendek.

Hal-hal yang telah berubah secara signifikan diubah dari bahasa pemrograman berdasarkan COM ke bahasa sepenuhnya berorientasi objek yang didukung oleh .NET Framework, yang terdiri dari kombinasi dari Common Language Runtime.

Visual Basic 6 dan Visual Basic NET secara otomatis akan menghasilkan pernyataan Sub dan End Sub ketika tombol yang sesuai diklik dari Form Design. jadi kita hanya perlu menambahkan pernyataan untuk menampilkan perintah pesan “Hello  World”

Contoh perbedaan penulisan menggunakan Vb 6 dan Vb.Net

Visual Basic 6:

Private Sub Command1_Click ()
MsgBox "Hello, World"
End Sub

VB.NET :

Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click
MessageBox.Show("Hello, World")
End Sub

Visual Basic versi 6.0 Merupakan versi terakhir dari Visual Basic sebelum berubah menjadi .Net. VB6 baru sebagian mendukung OOP. sedangkan VB .Net telah mendukung penuh OOP.
Hasil kompilasi source code pada VB6 adalah file .exe biner (native code) dan VB .Net berupa file .exe intermediate language (MSIL byte code).

Hasil kompilasi pada VB6 dapat langsung dieksekusi sedangkan VB .Net membutuhkan run time environment / framework (.Net framework), VB6 bermasalah pada deployment-nya (DLL hell), Program dari VB6 tidak dapat langsung berinteraksi dengan program dari bahasa lain. sedangkan VB .Net bisa berinteraksi selama bahasa lain mendukung .Net

Versi Lengkap Vb.Net dari 2007 s/d 2015

2002 (VB 7.0)
Menggunakan NET Framework 1.0
2003 (VB 7.1)
Visual Basic .NET 2003 dirilis dengan menggunakan .NET Framework 1.1. menambahkan Fitur baru termasuk dukungan untuk .NET Compact Framework dan VB Upgrade Wizard yang lebih baik. Perbaikan juga dilakukan terhadap kinerja dan keandalan NET IDE dan runtime. Selain itu, Visual Basic .NET 2003 tersedia di Visual Studio.NET Edition Akademik, dan gratis.
2005 (VB 8.0)
Setelah Visual Basic .NET 2003, Microsoft merilis versi berikutnya Visual Basic 2005.
Visual Basic 2005 Microsoft menambahkan banyak fitur yang ditujukan untuk memperkuat Visual Basic NET sebagai platform pengembangan aplikasi yang cepat dan lebih membedakan dari C #.
2008 (VB 9.0)
Visual Basic 9.0 dirilis bersamaan dengan .NET Framework 3.5 pada tanggal 19 November 2007.
2010 (VB 10.0)
Pada bulan April 2010, Microsoft merilis Visual Basic 2010. Microsoft menggunakan Bahasa DLR. Juga, dukungan yang ada Fungsi inline yang dilengkapi dengan dukungan untuk Subs inline serta versi multi-baris kedua Sub dan Function lambdas.
2012 (VB 11.0)
Visual Basic 2012 menggunakan .NET Framework 4.5. Fitur utama diperkenalkan pada versi ini antara lain:
2015 (VB 14)
Visual Basic 14 dijadwalkan akan dirilis dengan Visual Studio 2015.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *